Selasa, 23 April 2013

Membangun Komitmen dalam ber-Bisnis

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, komitmen yaitu perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu. Berdasar pengertian tersebut dapat diartikan bahwa komitmen dalam ber-Bisnis yaitu suatu keterikatan diri dan keinginan yang kuat untuk membangun, memajukan, dan mempertahankan keberadaan Bisnis (usaha) nya dalam kondisi apapun.

Dalam dunia bisnis, biasanya ada 2 (dua) faktor utama yang membuat orang tidak dapat mempertahankan komitmen yang telah ia buat sebelumnya, yaitu :

Faktor Internal (diri sendiri) 
Misalnya : Ceroboh saat akan mengambil keputusan, sehingga menyesal dikemudian hari, kurang berpikir panjang sewaktu menganalisa resiko-resiko yang akan dihadapi apabila ia mengambil keputusan, keyakinan yang goyah disebabkan karena seseorang tidak kuat mentalnya.
Faktor Eksternal (di luar diri sendiri) 
Misalnya : Lingkungan, seringkali karena pengaruh lingkungan, seseorang gagal dalam mempertahankan     komitmennya. Didalamnya termasuk peran keluarga, pasangan, atau sahabat/teman.
Gaya hidup yang tidak benar. Karena adanya perkembangan jaman, selain membawa dampak positif, juga terkadang membawa dampak negatif bagi seseorang.
Pengaruh uang. Tidak bisa dipungkiri, uang memiliki power yang besar dalam hidup ini. Apabila seseorang tidak kuat iman & mental, komitmen yang dibuat seseorang dapat kandas di tengah jalan.
Tidak tahan pada pasang surut kehidupan. Beberapa orang dapat terpengaruh akibat kehidupan yang dijalaninya, sehingga ia menyerah pada kehidupan.

Untuk membangun komitmen dalam ber-Bisnis, diperlukan kekuatan pribadi seperti :
1. Kesabaran dan Ketabahan
2. Keinginan Keras untuk Maju
3. Keyakinan Kuat untuk Maju
4. Keuletan dan Ketekunan
5. Pemikiran yang Kreatif dan Konstruktif
6. Ketahanan Mental dan Fisik
7. Tanggung jawab dan Jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar