Menurut kamus besar
bahasa Indonesia, komitmen yaitu perjanjian atau keterikatan untuk melakukan
sesuatu. Berdasar pengertian tersebut dapat diartikan bahwa komitmen dalam
ber-Bisnis yaitu suatu keterikatan diri dan keinginan yang kuat untuk
membangun, memajukan, dan mempertahankan keberadaan Bisnis (usaha) nya dalam kondisi
apapun.
Dalam dunia bisnis, biasanya ada 2 (dua) faktor utama yang membuat orang tidak dapat mempertahankan komitmen yang telah ia buat sebelumnya, yaitu :
Dalam dunia bisnis, biasanya ada 2 (dua) faktor utama yang membuat orang tidak dapat mempertahankan komitmen yang telah ia buat sebelumnya, yaitu :
Faktor Internal (diri
sendiri)
Misalnya : Ceroboh saat akan mengambil keputusan, sehingga menyesal
dikemudian hari, kurang berpikir panjang sewaktu menganalisa resiko-resiko yang
akan dihadapi apabila
ia mengambil keputusan, keyakinan yang goyah disebabkan karena seseorang
tidak kuat mentalnya.
Faktor Eksternal (di luar diri sendiri)
Misalnya : Lingkungan, seringkali karena pengaruh lingkungan, seseorang gagal
dalam mempertahankan komitmennya. Didalamnya termasuk peran
keluarga, pasangan, atau sahabat/teman.
Gaya hidup yang tidak benar. Karena adanya perkembangan jaman, selain membawa dampak
positif, juga terkadang membawa dampak negatif bagi seseorang.
Pengaruh uang. Tidak bisa dipungkiri, uang memiliki power
yang besar dalam hidup ini. Apabila seseorang tidak kuat iman & mental, komitmen yang
dibuat seseorang dapat kandas di tengah jalan.
Tidak tahan pada pasang surut kehidupan. Beberapa orang dapat
terpengaruh akibat kehidupan yang dijalaninya, sehingga ia menyerah pada kehidupan.
Untuk
membangun komitmen dalam ber-Bisnis, diperlukan kekuatan pribadi seperti :
1. Kesabaran dan Ketabahan
2. Keinginan Keras
untuk Maju
3. Keyakinan Kuat
untuk Maju
4. Keuletan dan Ketekunan
5. Pemikiran yang Kreatif dan Konstruktif
6. Ketahanan Mental
dan Fisik
7. Tanggung jawab dan Jujur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar