Minggu, 21 April 2013

Kapan Kita Harus ber-Komitmen..?

Membuat atau memiliki komitmen adalah proses atau mekanisme yang umum terjadi dalam hidup kita. Komitmen adalah langkah atau tindakan yang Kita ambil untuk menopang suatu pilihan tindakan tertentu, sehingga pilihan tindakan itu dapat kita jalankan dengan mantap, sepenuh hati, dan penuh gairah. 
Misalkan, Badu memutuskan mengikuti klub olahraga. Kemudian, ia melakukan tindakan seperti rajin mengikuti jadwal latihan, membayar iuran anggota , dan membeli peralatan olahraga.  Tindakan tadi adalah tindakan yang diambil untuk menopang pilihan tindakan si Badu, yaitu mengikuti klub olahraga. Dengan demikian, beberapa tindakan tadi adalah KOMITMEN si Badu. 
Contoh berikutnya, Si Joni memutuskan menjadikan si Desi sebagai pujaan hatinya. Kemudian, ia mengambil beberapa tindakan berikut : menemui orang tua Desi dan menyatakan keseriusannya terhadap Desi; melamar Desi dan kemudian menikahinya; memberikan berbagai kebutuhan hidup bagi Desi dan mereka berdua yang diperlukan untuk membina rumah tangga; memberikan perhatian yang baik dan proporsional terhadap Desi. Tindakan tadi adalah KOMITMEN Joni terhadap Desi sebagai pujaan hatinya. 
Contoh lainnya seperti memilih pekerjaan, organisasi, dan sebagainya.
Dengan demikian, jika kita telah memilih sesuatu untuk kita masukkan ke dalam kehidupan kita, maka mau tidak mau kita harus berkomitmen disitu. Karena jika kita tidak berkomitmen terhadap pilihan kita tersebut, maka yang terjadi kemudian adalah adanya ketidak stabilan atau ketidak harmonisan baik antara kita dengan nurani pribadi, atau antara kita dengan orang lain yang terlibat dalam satu aktifitas dengan kita akibat ke tidak komitmenan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar